Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Menyimpan daging sapi segar

Daging Segar merupakan suatu produk protein hewani yang banyak sekali memiliki kandungan zat yang dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan anak kecil atau balita, namun tahukah anda bahwa daging segar yang kita beli dari pasar berbeda dengan yang kita beli dari supermarket atau swalayan lainnya.

Daging yang kita beli di pasar sangatlah tidak bagus untuk kualitas dikarenakan suhu display serta handling, serta area display sangat menunjang sekali untuk bakteri cepat berkembang, dikarenakan banyak sekali ketidak standaran yang terjadi di tempat itu.

Bila kita perhatikan daging segar yang akan kita konsumsi itu sebaiknya jangan dicuci, pasti pertanyaannya mengapa??, jawabannya yaitu hal ini disebabkan oleh air yang kita konsumsi itu terdiri dari 2 jenis sumber, yaitu sumber air tanah dan sumber air sulingan atau filterisasi, lalu apa kita dapat menjamin bahwa kedua air tersebut terbebas dari bakteri, dan juga ketika daging kita cuci menggunakan air, maka suhu daging tersebut akan naik dengan drastic yang dapat berakibat berkembangnya bakteri dengan sangat cepat. Masih ingatkah teman butcher semua bakteri itu berkembang dengan beberapa media yang tidak akan saya jelaskan disini.


Berikut ini adalah tips untuk menyimpan daging segar agar tetap fresh ketika kita akan olah dan konsumsi :

  1. Setelah dibeli, jika tidak langsung dimasak, simpan di lemari es di bagian yang paling dingin, agar bakteri tidak cepat berkembang.
  2. Daging segar disimpan dengan suhu -1 s/d 0 derajat celcius.
  3. Bila kotor jangan dicuci dengan air seperti yang saya sebutkan di atas, namun cukup dipotong bagian yang kotor tadi dengan pisau.
  4. Letakkan dalam wadah, tutup rapat dengan plastic kedap udara, atau bisa dengan toples plastic kedap udara.
  5. Disimpan terpisah dengan daging yang sudah diolah atau dimasak, dan juga jauhkan dari yang berbau tajam.
  6. Jangan pernah menumpuk daging, taruhlah daging dalam pola layer per layer, dan apabila harus ditumpuk maka dialasi dengan plastic agar terhindar dari proses oksidasi.
  7. Bila ingin dibekukan dipotong dengan ukuran agak kecil terlebih dahulu, agar ketika kita akan konsumsi dapat dengan mudah kita olah.
  8. Pastikan ruang pendingin tidak tercampur dengan produk yang berbau tajam dan bila terpaksa dicampur maka produk yang berbau tajam tersebut ditutup dengan plastic agar rapat.

Kira-kira seperti itulah tips yang dapat admin berikan untuk teman butcher dan ibu rumah tangga yang ingin membeli daging sapi, salam sukses selalu


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori meat knowledge dengan judul Tips Menyimpan daging sapi segar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/06/tips-menyimpan-daging-sapi-segar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 18/06/13

Belum ada komentar untuk "Tips Menyimpan daging sapi segar"

Posting Komentar

Leave your message