Diberdayakan oleh Blogger.

Butcher Professional

Halo para butchers,

 

Kali ini admin akan menuliskan tentang apa sih butcher professional, lalu apa bedanya dengan tukang daging biasa yang ada di pasar??

 

Butcher adalah seorang atau orang yang memiliki fungsi atau jobdescription sebagai tukang potong, namun butcher memiliki skill dan kemampuan yang beda dengan tukang daging biasa. Lalu apa sih yang membedakannya dengan tukang daging biasa yang kita temui di pasar-pasar traditional.

 

Hygiene

 

Ini salah satu yang membedakannya, kalau seorang butcher yaitu ada ikatan antara hygienitas dengan proses yang dia lakukan juga dilihat dari segi tempat bekerja, alat yang digunakan dan lain-lain, namun hygienitas lebih dilihat pada aspek professionalitas, yaitu baju yang dikenakan, wangi tubuh dari butcher, rambutnya, kebersihan tubuh, apabila factor itu dapat dipenuhi oleh seorang tukang daging, maka dia layak disebut butcher, namun bila tidak ada factor yang dia penuhi pada factor yang admin sebutkan di atas, maka belumlah tepat dia disebut seorang butcher.

 

Sanitasi

 

Sanitasi adalah proses kebersihan yang dilakukan terhadap alat dan ruang kerja yang digunakan oleh seorang butcher, kalau kita lihat di pasar traditional kita pasti temukan bau yang tidak sedap, ruang kerja yang kotor, handling daging yang seadanya, dan juga tehnik potong yang sederhana. Sanitasi haruslah dapat dilakukan oleh semua tukang daging, apalagi seorang butcher dia harus menempatkan sanitasi pada urutan 5 besar job descriptionnya.

 

Sanitasi dapat dilakukan pada:

 

·         Peralatan kerja ( pisau, cutting board, dll )

·         Ruang kerja ( cutting room, chiller room, freezer room, dll )

·         Tempat sampah

·         Nampan display

·         Ruang display produk

 

Semua factor yang admin sebutkan di atas adalah factor yang sangat penting untuk menjaga sanitasi terhadap produk yang kita jual atau processing.

 

Tools

 

Tools atau peralatan yang digunakan seorang butcher haruslah sangat standard, apa aja sih peralatan seorang butcher dalam bekerja :

 

·         Knife / Pisau

Pisau sangat penting untuk seorang butcher, pisau yang baik adalah pisau yang selalu terjaga kebersihan dan ketajamannya, dengan cara selalu diasah apabila terjadi ketidak tajaman terhadap mata pisau, tentunya sobat butcher tahu kan cara mengasah pisau yang baik, admin yakin deh kalau kalian semua pasti tahu.

 

·         Sharpeness steel

Nama lainnya adalah penjaga ketajaman mata pisau, atau crystal pisau, alat ini digunakan untuk selalu meluruskan mata pisau namun bukan untuk mengasah pisau, untuk mengasah tetaplah harus menggunakan batu asah, terkadang akibat frekwensi potong yang sering mengakibatkan pisau berkurang ketajamannya yang mengakibatkan mata pisau berubah arah, nah..alat ini digunakan untuk meluruskan mata pisau yang salah tadi.

 

·         Mincer

Alat ini digunakan untuk membuat daging menjadi lebih halus atau nama lainnya daging giling, alat ini terbilang relative mahal dan penggunaannya juga memakai listrik, ini salah satu alat yang bisa digunakan oleh seorang butcher.

 

·         Bonesaw

Alat ini digunakan untuk memotong bagian tulang pada daging yang akan kita proses, bisa juga digunakan untuk memotong daging yang beku.

 

Sekian dulu sobat butcher lain kali akan kita sambung lagi,

 

Apabila sobat ingin memasang iklan gratis untuk mengambangkan bisnis sobat semua jangan ragu-ragu, kunjungi websitenya :

 

 

http://submitiklan.p.ht

http://pasangiklanajah.com

 

Selamat bekerja dan sukses selalu menyertai kita semua…

 

 

Salam butcher

 

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori meat knowledge dengan judul Butcher Professional. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/03/butcher-professional.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 07/03/13

10 komentar untuk "Butcher Professional"

  1. Hm... Menarik, jadi sudah adakah perkumpulan butcher profesional di indonesia?

    BalasHapus
  2. mksh infonya sya mau belajar banyak tentang seorang butcher.da yg tau bsa belajar dmna mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunjungi situs ini... 😊 😊 😊 http://ihs-indonesia.com/

      Hapus
  3. Kak dmn bs ikut pelathm /kursus butcher?mhon infonya .thanks

    BalasHapus
  4. Ijin copas ya kang, salam jagal

    BalasHapus

Leave your message