Diberdayakan oleh Blogger.

Japanese Cut ( Sukiyaki, Shabu2, yakiniku )

Halo Sobat Butcher,

 

Bagaimana kabar kalian semua, pastinya baik terus dan dalam keadaan sehat selalu.

 

Kita pastinya sudah tidak asing lagi kalau mengenal jenis potongan yang sangat terkenal ini, kalau dilihat dari namanya pastinya kita tahu ya “Japanese Cut” ya..betul sekali, jenis potongan dari Negara matahari terbit / Jepang.

 

Restoran saat ini sudah banyak sekali yang menyajikan menu ini, dinulai dari harga yang relative sedang sampai mahal, jenis daging yang digunakan juga sangat bervariasi, pastinya harga menentukan kualitas…

 

Ada 3 jenis potongan utama dalam Japanese cut ini :

 

1.       Shabu-shabu

2.       Sukiyaki

3.       Yakiniku

 

Kita akan bahas satu persatu ya teman-teman semua.

 

 

SHABU-SHABU

 

Jenis potongan ini amatlah tipis, dan harus menggunakan bantuan mesin untuk membuatnya ( Slicer ) dengan ketebalan +/- 0.5 mm , sudahlah pasti daging yang digunakan adalah jenis daging setengah beku, atau dengan kata lain daging yang dibekukan dahulu di dalam frozen namun jangan sampai beku, sekitar 5 – 10 menit untuk proses beku sedang, tergantung dari freezer room atau freezer case yang digunakan. Jenis potongan ini sangat digemari oleh kaum oriental sebut saja cina, jepang, korea ada juga orang local yang sangat menggemari shabu-shabu ini.

 

Tehnik memasaknya cukup sederhana, teman-teman hanya mempersiapkan hotpot ( wadah untuk air / kuah ) namun kuah ini telah diberikan rasa kaldu untuk menambah cita rasa, lalu sayuran ( jamur, daun sawi, dll ), dan juga beberapa item tambahan yang digunakan untuk membuat jenis masakan ini. Silahkan mencoba atau penasaran kalau teman-teman tidak mencobanya.

 

 

SUKIYAKI

 

Jenis potongan ini agak sedikit lebih tebal dari shabu-shabu, dengan ketebalan +/- 1 mm dan ini sangat popular juga di kalangan oriental seperti yang tadi saya sebutkan, di tempat saya bekerja saat ini Hero Supermarket, sangat digemari sekali jenis potongan ini, dan salah satu item fast moving. Cara masaknya tidak jauh berbeda dengan shabu-shabu, namun dibedakan dari ketebalannya dan bumbu yang digunakan.

Sukiyaki ini hanya cukup dicelup di air panas yang telah diberi kaldu, jadi tingkat kematangan yang dihasilkan medium well dan sangat gurih sekali.

 

 

YAKINIKU

 

Jenis potongan ini agak lumayan tebal, ada juga orang yang memasaknya dengan cara di sauté ( seperti dioseng-oseng ), namun ada juga yang dengan dicelup hanya waktunya saja yang sedikit lebih lama agar daging yang dihasilkan medium well sempurna, ketebalannya +/- 1.5 mm dan umumnya menggunakan bagian daging dari loin ( punggung ), namun ada juga yang menggunakan produk di luar dari loin, dikarenakan untuk nilai ekonomis penjualannya agar bisa murah, seperti topside, knuckle ( top round ) namun jangan menggunakan silverside atau gandik, karena akan berpengaruh sekali kepada kualitas daging yang dihasilkan.

 

 

Demikian knowledge saat ini ya, kita bertemu lagi dalam knowledge berikutnya .

 

Oiya saya ingin menawarkan, apabila teman-teman ingin memasang iklan gratis, teman-teman dapat memasangnya di website saya :

 

http://submitiklan.p.ht

http://pasangiklanajah.com

 

teman-teman dapat mempromosikan bisnis teman-teman atau usaha apapun dan gratis tanpa daftar…tinggal pasang aja dengan mengisi kolong yang telah disediakan..

 

kunjungi ya

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori meat knowledge dengan judul Japanese Cut ( Sukiyaki, Shabu2, yakiniku ). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/03/japanese-cut-sukiyaki-shabu2-yakiniku.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 05/03/13

Belum ada komentar untuk "Japanese Cut ( Sukiyaki, Shabu2, yakiniku )"

Posting Komentar

Leave your message