Diberdayakan oleh Blogger.

Nutrisi apa saja dalam sepotong daging

Berbicara mengenai nutrisi daging tentunya tidak akan jauh juga bila kita membicarakan mengenai gizi seimbang, yang dimaksud dengan gizi seimbang adalah pola makan seimbang yang diperoleh dari aneka makanan untuk memenuhi dan menghasilkan pola hidup yang lebih sehat, cerdas dan produktif. Salah satu makanan untuk melengkapi gizi seimbang adalah dengan mengkonsumsi daging sapi.
Mengapa daging sapi? karena di dalam daging sapi terkandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk perkembangan fisik maupun otak anak. Di atara daging ayam, ikan dan daging lainnya, protein dalam daging sapi adalah yang paling besar, disamping protein ada 5 nutrisi penting yang ada di dalam daging :
  1. Zat seng
  2. Zat besi
  3. Selenium
  4. Vit B Kompleks
  5. Omega 3
Zat Seng ( Zn )
Fungsinya untuk meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh.

Daging merah yang rendah lemak merupakan sumber energi seng yang paling baik, nutrisi yang penting untuk sistem imunitas, pertumbuhan dan penyembuhan luka. Seng yang terdapat dalam daging merah dan makanan berasal dari hewan lainnya lebih baik diserap dibanding makanan yang berasal dari tumbuhan, sehingga kebutuhan akan seng 50% lebih tinggi bagi individu yang tidak makan daging sama sekali.

Manfaat zat seng yang perlu kita ketahui :
  • Sebagai kofaktor lebih dari 200 enzim pada berbagai aspek metabolisme dalam tubuh.
  • Berpengaruh dalam pengembangan fungsi eproduksi lai-laki dan pembentukan sperma, seerta fungsi kekebalan.
Apa yang terjadi bila tubuh kekurangan zat seng ini:
  • Akan mengakibatan gangguan pada pertumbuhan dan kematangan seksual, gangguan pada fungsi pencernaan, pankreas dan fungsi kekebalan. Bila keadaan kronis bisa mengakibatkan gangguan pusat sistem saraf dan fungsi otak ( sangat rentan terhadap anak-anak ).
Zat besi
Zat besi adalah nutrisi penting bagi otak, kekurangan zat besi bisa membuat anak menderita anemia hingga mereka tidak bergairah, kurang semangat dan lesu.

Daging merah yang rendah lemak adalah sumber terkaya dari zat besi. Zat besi dalam daging merah diserap sangat baik oleh tubuh kita dibanding dengan zat besi yang berasal dari tumbuhan. Zat besi sangat penting untuk pengangkutan oksigen, poduksi energi serta perkembangan otak.

Manfaat zat besi (Fe) yang perlu kita ketahui :
  • Sangat berperan dalam meningkatkan metabolisme energi di dalam tubuh kita.
  • Mempengaruhi kemampuan belajar pada anak serta menjadi pemacu semangat pada anak.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Anti oksidan.
Apa yang terjadi bila tubuh kekurangan zat besi ini :
  • Akan menyebabkan kekurangan darah atau anemia, zat besi ini sangat penting untuk perkembangan anak-anak karena pada masa ini perlu banyak sekali nutrisi yang diserap termasuk zat besi ini.
  • Menurunnya gairah belajar pada anak
  • Konsentrasi menurun
  • Kurang nafsu makan
Selenium
Zat ini mampu untuk menjaga oksidasi tubuh atau anti oksidan agar tidak cepat menua, zat ini penting untuk anak-anak dan orang tua, selain itu juga selenium ini juga mampu untuk meningkatkan sistem imunitas pada anak-anak.

Omega 3
Omega 3 membantu jantung untuk dapat berfungsi dengan baik. Dalam 150 gram daging sapi terkandung sekitar 30 mg asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merupakan sumber alami yang penting, omega 3 sangat penting untuk menjaga fungsi kesehatan sistem syaraf dan untuk menjaga kesehatan jantung agar dapat berfungsi dengan baik.

Vitamin B Kompleks
Membantu sistem syaraf otak sehingga mampu membantu konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

Daging merah yang rendah lemak merupakan sumber penting dari vitamin B kompleks ini, diantaranya riboflavin, niacin, pantothenic acid, vit B6 dan terutama B12. Vit B12 ini tidak terdapat dalam makanan yang berasal dari tumbuhan sehingga kurangan vit B12 akan mengakibatkan hilangnya daya konsentrasi dan daya ingat kita.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori information dengan judul Nutrisi apa saja dalam sepotong daging. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/06/nutrisi-apa-saja-dalam-sepotong-daging.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 23/06/13

Belum ada komentar untuk "Nutrisi apa saja dalam sepotong daging"

Posting Komentar

Leave your message