Diberdayakan oleh Blogger.

Halal Australia Meat

Daging Sapi Australia Halal

Australia mengeluarkan sertifikat resmi Halal dan kesehatan untuk setiap pengiriman daging sapi australia ke negara-negara yang membutuhkan daging yang Halal. Importir biasanya harus mendaftarkan izin impor dengan sebelumnya mengajukan sertifikat Halal dan kesehatan kepada pihak yang berwenang di Indonesia sebelum mereka dapat mengeluarkan produknya dari bea-cukai.

Departemen Industri Australia bekerjasama baik dengan pihak negara bagian di Australia sebagai pengekspor maupun negara pengimpor melakukan inspeksi di rumah-rumah potong hewan untuk memastikan bahwa daging sapi yang diproduksi di rumah-rumah potong hewan tersebut benar-benar halal. Lembaga ini bertugas mengeluarkan sertifikat halal yang resmi.

Di Indonesia, daging sapi yang diimpor dari Australia harus disetujui oleh pihak yang mengatur masalah kehalalan produk yaitu MUI ( Majelis Ulama Indonesia ). Para penyembelih sapi di rumah-rumah potong di Australia yang telah disetujui adalah penyembelih beragama Islam dan memiliki sertifikat. Selain itu pengecek halal di tiap rumah potong tersebut juga telah diakui oleh pemerintah Australia dan Indonesia.

Halal Australia

Australia dikenal sebagai negara yang memiliki komitmen terhadap standar halal yang ketat yang dipersyaratkan dalam memproduksi daging dan produk lain yang berlabel halal, hal ini sangat dan mutlak diperlukan apabila mereka ingin mengekspor dagingnya ke negara-negara muslim seperti Indonesia. Seluruhnya harus melalui seleksi dan sertifikasi yang ketat agar daging yang dikirim benar-benar halal dan thoyibban. Karena selain halal daging tersebut juga harus thoyyib atau baik untuk handling dan perlakukan terhadap sapi, baik dari cara potong hingga sapi tersebut telah siap dan menjadi potongan daging dan siap untuk dikirim serta diekspor ke negara-negara muslim, semuanya itu harus ada sertifikasi yang jelas.

Produksi dan Sertifikasi Halal

Pada Tahun 1983 Lembaga Karantina dan Inspeksi Australia ( The Australian Quarantine Inspection Service (AQIS ) memperkenalkan program halal resmi pemerintah Australia untuk mengendalikan produksi daging dan produk-produk halal.

Prosedur yang diperlukan dapat mengidentifikasi dan memelihara integritas daging halal selama seluruh tahapan produksi, penyimpanan dan transportasi.

  1. Daging Halal diidentifikasikan dengan pemberian cap resmi halal pada karkass atau produksi daging dalam karton.
  2. Daging halal harus diuraikan dalam sertifikat pengiriman daging resmi yang digunakan oleh sistem keamanan daging ekspor pada saat transportasi dalam rangka ekspor antar perusahaan.
  3. Daging halal yang telah dimuat untuk tujuan ekspor menerima sertifikat daging halal yang resmi yang ditandatangani oleh pejabat AQIS yang berwenang maupun perwakilan dari organisasi maupun perwakilan dari organisasi Islam yang diakui.
sumber: Meat and Livestock Australia from Indonesia branch.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori information dengan judul Halal Australia Meat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/06/halal-australia-meat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 17/06/13

Belum ada komentar untuk "Halal Australia Meat"

Posting Komentar

Leave your message