Diberdayakan oleh Blogger.

Fore Quarter, Hind Quarter, Middle Quarter

Halo para butcher,

 

Kali ini saya akan sharing mengenai bagian dari fore quarter, hind quarter dan Middle quarter, berdasarkan bagian karkass dan dagingnya, sapi dibagi menjadi 3 bagian ini, bagian yang terempuk dan agak mahal yaitu middle quarter, karena bagian ini adalah bagian dari sapi yang jarang digerakkan atau otot sapi jarang bergerak bebas dikarenakan ada urat pelindung yang melintang dan melindungi bagian otot ini.

 

Rekan butcher pasti mengetahui persis bagian apa yang dimaksud, nilai ekonomisnya lumayan tinggi dan disukai serta menjadi menu favorit di restoran-restoran western yang menyediakan steak dari bagian ini. Daging dari bagian ini adalah :

 

·         Tenderloin ( fillet )

·         Sirloin ( has luar, lulur luar )

·         Rib eye ( cube roll, eye of ribs )

 

Ketiga daging ini merupakan bagian terempuk dari karkass sapi, bagian ini juga adalah bagian yang mudah rusak dan dibutuhkan handling yang baik untuk ketiga produk ini. Para restoran ataupun pecinta kuliner lebih menyukai dengan cara di grill dan barbeque untuk proses masaknya, dan medium well untuk kematangan levelnya

 

Bagian lain yaitu fore quarter yaitu karkass sapi yang berada di bagian depan sapi hingga ke leher sapi, bagian ini adalah bagian dari sapi yang memiliki lipatan lemak yang agak banyak dan memiliki nilai ekonomis yang tidak terlalu tinggi, bagian dari fore quarter adalah :

 

·         Blade ( clod )

·         Chuck

·         Chuck tender

·         Sengkel bagian depan  ( fore shank )

 

Keempat daging di atas memiliki tingkat keempukan yang kurang baik, namun sering dipakai oleh kuliner local ( Indonesia ) untuk masakan yang membutuhkan pengolahan agak lama ( rendang, semur, gulai, kari, dll ).

Nilai ekonomisnya tidak terlalu tinggi sehingga banyak masyarakat Indonesia menggunakan daging bagian ini untuk kulinernya.

 

Bagian lainnya yaitu hind quarter dimana bagian daging ini merupakan bagian yang sedang keempukannya dan berada di bagian belakang dari karkass sapi, bagian ini memiliki daging yang lebih banyak dibandingkan dengan lemak yang membalut dagingnya.

 

Sekian dulu rekan butcher, nanti kita sambung kembali ya..

 

 

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori meat knowledge dengan judul Fore Quarter, Hind Quarter, Middle Quarter. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/03/fore-quarter-hind-quarter-middle-quarter.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 25/03/13

Belum ada komentar untuk "Fore Quarter, Hind Quarter, Middle Quarter"

Posting Komentar

Leave your message