Diberdayakan oleh Blogger.

Jenis masakan berdasarkan keempukan daging

Halo Sobat butcher,

 

Apa kabar, saya harapkan kabar sobat butcher semua baik-baik saja. Kali ini saya akn sharing sedikit mengenai daging, keempukan dan metoda masaknya.

 

Setelah sebelumnya saya pernah bahas mengenai apa itu rare, medium well, welldone. Kali ini saya akan bahas materi yang terkait mengenai hal itu.

 

Kita ketahui bersama bahwa daging sapi mempunyai struktur jaringan otot yang tersusun dan dapat dengan mudah kita ketahui, berdasarkan hal itu maka ada bagian-bagian dari daging tersebut yang memiliki tingkat keempukan yang bervariasi serta berbeda dari mulai agak keras sampai ke lembut atau empuk.

 

Apa saja sih bagian dari sapi tersebut :

 

 

Gambar di atas adalah contoh dari peta daging, kalau kita lihat berdasarkan karkass sapi, dibedakan berdasarkan :

 

·         Fore quarter

·         Middle quarter

·         Hind quarter

 

Tingkat keempukannya :

 

Middle quarter  >  Hind Quarter  >  Fore Quarter

 

Bagian Middle quarter sangatlah empuk, dikarenakan bagian ini adalah bagian yang jarang digerakkan oleh sapi, dikarenakan terlindung oleh jaringan-jaringan otot pembungkus yang kuat sehingga daging atau otot sapi menjadi empuk. Bagian dari middle quarter ( Tenderloin, Sirloin, Rib eye ). Bagian ini hanya bisa untuk dimasak ( steak, Roast ).

 

Bagian Hind Quarter menempati nomor 2 untuk tingkat keempukan pada bagian karkass, bagian ini umumnya memiliki tekstur daging yang agak kering dan otot penampang daging biasanya sih agak besar, namun bagian ini cocok sekali untuk jenis masakan, short cooking times ( tumis, oseng-oseng, fry, steak, dll ).

 

Bagian Fore quarter menempati urutan ketiga untu tingkat keempukan berdasarkan karkass. Bagian ini memiliki kandungan lemak yang lumayan banyak serta berbuku-buku atau urat yang dimiliki banyak dan bertumpuk, apa aja sih bagian daging ini ( Blade, Chuck, Fore Shank, dll ). Bagian ini hanya cocok digunakan untuk jenis masakan long time cooking ( rendang, semur, gulai, dll ) serta masakan berbumbu lainnya.

 

Saya rasa cukup sekian dulu nich uraian mengenai bagian ini, sampai bertemu lagi nich di jumpa blog yang lainnya.

 

 

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori cook dengan judul Jenis masakan berdasarkan keempukan daging. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/03/jenis-masakan-berdasarkan-keempukan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 15/03/13

Belum ada komentar untuk "Jenis masakan berdasarkan keempukan daging"

Posting Komentar

Leave your message