Diberdayakan oleh Blogger.

MENGENAL MULTI FUNGSI LEMON PADA MASAKAN

Lemon memiliki lebih banyak fungsi dari sekadar menambah rasa asam pada masakan Anda. Bagian lemon yang bisa digunakan saat memasak juga bukan hanya airnya saja, tapi juga kulitnya. Simak beberapa tips memasak dengan penambahan lemon dalam masakan berikut ini.



Parutan Kulit Lemon 

1.    Parutan kulit lemon akan memperkaya rasa dan aroma masakan Anda. Parut kulit lemon yang berwarna kuning dan hindari bagian kulit berwarna putih yang cenderung pahit.

2.    Parutan kulit lemon juga bisa digabung dengan bumbu dapur lain untuk membuat bumbu masakan khas Italia yang disebut gremolata. Caranya, campur parutan kulit lemon, peterseli, dan bawang putih dalam jumlah yang sama dengan sedikit olive oil. Bumbu gremolata ini bisa dijadikan sebagai pengganti garam dan lada, dan sering dijadikan bumbu untuk masakan daging dan seafood.

3.    Campurkan parutan kulit lemon dan perasan 1 buah lemon dengan 4 sendok makan extra virgin olive oil dan potongan cabai merah, lalu gunakan untuk membumbui pasta buatan Anda. Kalau Anda sedang tidak punya waktu untuk membuat saus pasta, pilihan bumbu ini dapat menjadi alternatif yang dapat menghemat waktu memasak Anda.

Air Perasan Lemon

1.    Jika Anda ingin membuat telur rebus, oleskan air perasan lemon pada kulit telur dan tambahkan air perasannya pada air yang digunakan untuk merebus telur. Hal ini membantu mencegah kulit telur menjadi retak saat direbus dan membuat telur lebih mudah dikupas setelah matang.

2.    Tambahkan 1 sendok makan perasan lemon pada air yang Anda gunakan saat mengaron beras untuk mencegah beras menggumpal dan menempel pada panci.

3.    Tambahkan 1 sendok teh perasan lemon pada air yang Anda gunakan untuk merebus kentang atau kembang kol untuk mencegah kentang dan kembang kol menjadi berwarna kecokelatan.

4.    Rendam daun selada dalam air dingin yang telah ditambahkan perasan lemon, lalu simpan dalam kulkas selama sekitar 1 jam. Selada yang layu pun akan kembali segar dan siap digunakan dalam sajian salad Anda.

5.    Perasan lemon bisa ditambahkan di atas steak dan ayam panggang. Anda juga bisa merendam daging ayam dengan campuran air perasan lemon, olive oil, oregano, dan sedikit potongan cabai merah kering sebelum membakar daging ayam tersebut.

6.    Olesi dada ayam telebih dahulu dengan air perasan lemon sebelum memasaknya. Dada ayam adalah salah satu bahan makanan yang dianggap sehat karena rendah lemak dan kaya protein. Tapi, pengolahan yang salah bisa membuat daging menjadi kering dan hambar. Dengan mengolesi dada ayam dengan air perasan lemon, dagingnya akan terasa lebih lembut dan juicy.

Selain memberikan berbagai manfaat pada rasa dan aroma masakan Anda, lemon juga kaya vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Selain itu, Anda bisa mengurangi asupan sodium pada tubuh dengan cara menggantikan garam dengan lemon. Seperti yang kita tahu, asupan sodium yang terlalu tinggi bisa berakibat pada tekanan darah tinggi dan meningkatnya resiko serangan jantung dan stroke. Jadi, cobalah tambahkan lemon pada masakan ayam, sapi, seafood, dan sayuran Anda.

Sumber:
http://recipes.howstuffworks.com/tools-and-techniques/10-reasons-to-have-lemons-in-your-fridge.htm, diakses pada 19 Februari 2013
http://recipes.howstuffworks.com/tools-and-techniques/5-cooking-tips-tricks-using-lemon-juice1.htm, diakses pada 19 Februari 2013
http://www.readersdigest.com.au/cook-with-lemons, diakses pada 19 Februari 2013
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori meat knowledge dengan judul MENGENAL MULTI FUNGSI LEMON PADA MASAKAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2014/01/mengenal-multi-fungsi-lemon-pada-masakan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 27/01/14

2 komentar untuk "MENGENAL MULTI FUNGSI LEMON PADA MASAKAN"

  1. Mau info nih, bagi yang sedang cari box untuk steak bisa coba pake Greenpack (Search aja di Google.co.id) yakni box makanan ramah lingkungan dengan mutu foodgrade yang bisa digunakan untuk aneka macam makanan. Coba cek di sini http://www.greenpack.co.id/dus-makanan-murah/

    BalasHapus

Leave your message