Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan

Daging sapi mempunyai kandungan protein paling tinggi jika dibanding dengan daging hewan lainnya. Setiap 100 gram daging sapi mengandung kalori 207 kkcl, protein 18,8 gram, lemak 14,0 gram, calcium 11 mg, phosphor 170 mg dan besi 2,8 mg.

Gambar Daging Sapi.Daging sapi mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Seperti yang dikutip dari deptan.go.id, protein hewani yang terkandung dalam daging sapi mempunyai struktur asam amino yang mirip dengan manusia, tidak dapat dibuat oleh tubuh (essensial), susunan asam aminonya relatif lebih lengkap dan seimbang. Daya cerna protein hewani lebih baik dibanding dengan protein nabati (dari tumbuh-tumbuhan). Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein merupakan penyusun bagian besar organ tubuh, seperti: otot, kulit, rambut, jantung, paru-paru, otak, dan lain-lain.

Adapun fungsi protein yang penting bagi bagi tubuh manusia, antara lain untuk: 

1) pertumbuhan; 
2) memperbaiki sel-sel yang rusak, 
3) sebagai bahan pembentuk plasma kelenjar, hormone dan enzin; 
4) sebagian sebagai cadangan energi, jika karbohidrat sebagai sumber energi utama tidak mencukupi;
5) menjaga keseimbangan asam basa darah.

Anak-anak yang sering memakan bahan pangan yang mengandung protein hewani akan terlihat tumbuh cepat, mempunyai daya tahan tubuh kuat, dan cerdas dibanding dengan anak yang jarang makan makanan berprotein tinggi. Tumbuh cepat ditandai dengan badannya berisi, segar dan lebih gemuk serta tinggi. Sedangkan mempunyai daya tahan tubuh kuat biasanya ditandai dengan jarang sakit-sakitan dan aktif atau banyak beraktifitas/lincah. Kemudian cerdas ditandai dengan pandai di sekolah dan cepat tanggap terhadap pertanyaan.

Selain protein tersebut, lemak juga bermanfaat bagi tubuh manusia, yaitu sebagai simpanan energi/tenaga. Lemak yang terdapat dalam daging sapi berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia, setiap gram lemak menghasilkan energi sebanyak 9 kkal. Selain itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk menghemat protein dan thiamin, serta membuat rasa kenyang yang lebih lama.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori meat knowledge dengan judul Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2014/01/manfaat-daging-sapi-untuk-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 28/01/14

Belum ada komentar untuk "Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Leave your message