Diberdayakan oleh Blogger.

10 Masalah Kesehatan di usia senja



Tidak bisa dipungkiri bahwa bertambahnya usia, akan bertambah juga berbagai masalah kesehatan yang akan menyerang. Fungsi beberapa organ tubuh ketika usia tua tentunya tidak sebaik ketika masih muda, sehingga pada akhirnya akan datang berbagai serangan penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Menjaga kesehatan terutama memasuki usia senja adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan.

Berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi di usia senja
Adapun beberapa penyakit dan masalah kesehatan yang sebaiknya diwaspadai di usia tua adalah sebagai berikut :

1. Osteoporosis
Salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami orang tua adalah osteoporosis. Osteoporosis terjadi karena tulang menjadi rapuh atau keropos akibat menurunnya kepadatan tulang. Osteoporosis lebih sering dialami wanita dibandingkan laki-laki. Untuk mencegah osteoporosis, silahkan baca artikelnya disini »

2. Gangguan Penglihatan
Penurunan penglihatan juga umum terjadi di usia tua. Kondisi ini biasanya menyerang orang-orang berusia di atas 50 tahun.

3. Gangguan Pendengaran
Bentuk yang paling sering terjadi dari gangguan pendengaran di kalangan orang berusia lanjut adalah presbikus. Bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran seperti ini biasanya membutuhkan alat bantu dengar.

4. Glukoma
Glukoma juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan penglihatan. Glukoma dapat menyebabkan kerusakan saraf optik pada mata.

5. Alzheimer
Alzheimer cenderung berkaitan dengan masalah kesehatan mental. Gangguan kesehatan yang cukup serius ini akan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir dan mengingat.

6. Fungsi Kognitif Menurun
Daya ingat cenderung menurun ketika seseorang memasuki usia senja, dan ini terkait dengan fungsi kognitifnya yang tengah menurun. Apabila seseorang mengalami kondisi ini, biasanya dia akan mengalami kebingungan saat akan melakukan sesuatu.

7. Gangguan Prostat
Ketika anda mengalami gangguan prostat, maka secara otomatis hal ini juga berdampak pada urin anda. Gangguan prostat juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang dialami seseorang terkait usia, terutama pada laki-laki. Namun demikian, perempuan juga bisa memiliki risiko tersebut karena otot panggul mereka mengalami penurunan.

8. Arthritis
Arthritis atau radang sendi merupakan penyakit yang juga menyerang tulang selain osteoporosis. Arthritis dapat mempengaruhi tulang belakang, pergelangan tangan, lutut, pinggul, dan jari.

9. Gangguan Metabolisme
Kemampuan metabolisme tubuh anda akan menurun ketika memasuki usia senja. Akibatnya, anda pun mudah terserang penyakit, mulai dari hipertensi, diabetes tipe 2, hingga kanker dan penyakit jantung.

10. Gangguan Emosional
Seperti yang diulas sebelumnya bahwa tidak hanya gangguan fisik saja yang membayangi orang-orang di usia senja, namun juga masalah kesehatan terkait mental. Ketika memasuki usia senja, biasanya timbul perasaan tidak nyaman hingga mengalami gangguan emosional.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang membayangi hari tua seseorang. Maka dari itu, menjaga kesehatan fisik dan mental sangat penting sekali untuk diterapkan. Anda bisa meminimalisir daftar-daftar di atas dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan segera berkonsultasi ke dokter apabila anda mengalami masalah-masalah tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

source : http://www.artikelkesehatan99.com/
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori sehat dengan judul 10 Masalah Kesehatan di usia senja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2014/01/10-masalah-kesehatan-di-usia-senja.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 27/01/14

2 komentar untuk "10 Masalah Kesehatan di usia senja"

Leave your message