Diberdayakan oleh Blogger.

Parting dan bagian dari ayam



Halo sobat butcher,

Bagaimana kabar anda semua, pasti baik saja kan, selain beef, poultry adalah salah satu produk meat populer, bahkan ada istilah bahwa bangsa Indonesia itu adalah 'chicken lover' atau pecinta ayam. Hal ini wajar sih kalau saya bilang, kita bisa melihat bisnis produk olahan ayam mulai dari mentah hingga siap saji banyak bertebaran.
Dalam bisnis retail fresh pun, ayam atau poultry merupakan contribusi nomor 2 setelah beef atau daging sapi, dan salah satu solusi mendapatkan protein hewani dengan harga yang ekonomis dan masih dapat terjangkau oleh kita semua.

Ada beberapa bagian atau part ayam yang perlu kita ketahui, dan ini adalah knowledge basic yang harus diketahui oleh seorang butcher, diantaranya :

1. Head ( kepala )
Bagian ini jarang dikonsumsi oleh kita, umumnya banyak dipakai resto siap saji untuk soup, karena kepala ayam ini memang nilai ekonomisnya agak sedikit rendah.

2. Sayap ( wing )
Bagian ini populer sekali, banyak resto siap saji yang menyediakan menu dari sayap ayam ini, komposisi daging dengan tulang dapat dikatakan lebih banyak tulang, namun karena lebih mudah disajikan dan tidak terlalu mahal dan juga enak maka banyak digemari.

3. Dada ( breast )
Dari bagian ini, masih ada 2 bagian turunannya, yaitu dada tanpa tulang dan fillet ayam, nilai ekonomis fillet lebih mahal dari pada keduanya. Bagian ini memiliki kandungan protein yang banyak bila dibandingkan bagian ayam yang lain, banyak binaragawan mengkonsumsi bagian ini untuk membangun otot-otot tubuhnya.

4. Paha ( leg )
Bagian ini adalah bagian yang paling favorit dikonsumsi, ada dua bagian dalam paha ini yaitu thigh ( paha atas ) dan drumstick ( paha bawah ), paha bawah lebih difavoritkan daripada paha atas dan banyak resto siap saji yang menggunakan produk ini untuk menu penyajiannya.

5. Kaki ( feet )
Tidak banyak yang dapat digunakan pada bagian ini, namun dipercaya bahwa soup ceker dapat mempengaruhi perkembangan bayi, oleh karena itu banyak yang menggunakan bagian kaki ini untuk soup.

6. Punggung ( backbone )
Bagian ini dominan diisi oleh tulang, namun bagian ini baik sekali untuk soup, atau stok kaldu yang dapat dimix dengan jenis masakan lain.
















Anda baru saja membaca artikel yang berkategori meat knowledge dengan judul Parting dan bagian dari ayam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/02/parting-dan-bagian-dari-ayam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 23/02/13

Belum ada komentar untuk "Parting dan bagian dari ayam"

Posting Komentar

Leave your message