Diberdayakan oleh Blogger.

5 Anggota tubuh yang rawan terkena kuman dan bakeri


5 ORGAN TUBUH RAWAN KUMAN DAN BAKTERI

Meski sudah bergaya hidup bersih dan sehat namun belum tentu Anda bebas sepenuhnya dari kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri adalah organisme berpartikel mikro yang dengan mudah masuk ke dalam tubuh manusia lewat berbagai cara tanpa disadari. Terdapat beberapa organ tubuh manusia yang menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Lalu, organ tubuh mana sajakah itu?

Saluran Pernapasan
Hidung merupakan pintu pernapasan manusia. Udara yang dihirup tak hanya berisi oksigen namun kuman dan bakteri juga bisa ikut serta. Pernahkah Anda bersin-bersin atau batuk-batuk usai menghirup udara? Nah itu adalah salah satu cara sistem pertahanan tubuh kita untuk mengeluarkan kuman dan bakteri yang masuk ke tubuh.

Saluran Pencernaan
Makanan dan minuman yang masuk lewat mulut kemudian melalui proses panjang di saluran pencernaan. Makanan yang belum bersih atau belum matang bisa jadi mengandung bakteri E. coli. Bakteri ini akan membuat sakit perut bahkan diare. Selain itu, kebersihan tangan juga harus dijaga. Kuman dapat masuk ke saluran pencernaan lewat tangan yang tidak bersih. Mencuci tangan menggunakan sabun dapat meminimalisir kuman dan bakteri. Beragam merek hand wash (sabun cuci tangan) sudah berada di pasaran, salah satunya Carex Hand Wash. Saat bepergian, jagalah selalu kebersihan Anda dan keluarga menggunakan Carex Hand Gel dan Carex Wipes, praktis! Rangkaian produk dari Cussons Carex ini tidak hanya efektif membunuh 99% bakteri namun juga menjaga kelembutan kulit seluruh keluarga.  

Kulit
Mandi 2 kali sehari dengan sabun dan air yang bersih belum jaminan kulit Anda bebas kuman, bakteri dan jamur. Handuk tidak bersih yang digunakan untuk mengelap tubuh bisa membawa kuman, bakteri serta jamur di kulit Anda. Selain itu, mengelap tubuh tidak sampai kering, bisa menjadi lahan yang baik bagi jamur untuk berkembang di kulit Anda.

Telinga
Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang rawan terkena infeksi. Infeksi telinga merupakan peradangan sebagian atau seluruh mukosa telinga tengah. Kebanyakan infeksi telinga karena adanya virus. Jangan terlalu dalam saat mengorek telinga denga cotton buds karena bisa merusak gendang telinga. Jika gendang telinga sobek, ini bisa menjadi jalan kuman menginfeksi tulang mastoid lalu sampai ke meninges (selaput otak).

Gigi
Meski sudah menggosok gigi pada pagi dan malam sebelum tidur, belum tentu gigi sudah bersih. Kesalahan cara dalam menggosok gigi membuat sisa makanan tertinggal di gigi, lama kelamaan mengakibatkan gigi berlubang. Bakteri Streptococcus adalah penyebab gigi berlubang dan menimbulkan infeksi pada mulut dan gigi. Bakteri ini akan mengikuti aliran darah sehingga bakteri ini dapat menyebar ke organ tubuh lain dan menyebabkan penyakit seperti infeksi jantung, paru-paru, dan ginjal.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori information dengan judul 5 Anggota tubuh yang rawan terkena kuman dan bakeri. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/04/5-anggota-tubuh-yang-rawan-terkena.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 30/04/13

Belum ada komentar untuk "5 Anggota tubuh yang rawan terkena kuman dan bakeri"

Posting Komentar

Leave your message