Diberdayakan oleh Blogger.

Menjaga Ketajaman Pisau


Pisau merupakan peralatan penting bagi kita dalam bekerja, bagi seorang butcher penting sekali untuk selalu menjaga ketajaman mata pisau. Pisau yang kurang tajam akan berakibat kepada kualitas potongan yang kurang bagus dan portion yang tidak merata.

Bila kita ingin selalu menjaga ketajaman pisau kita maka kita harus selalu mengasah ketajamannya, selalu menjaga ketajamannya dengan mengasahnya, bisa dengan menggunakan batu asahan ataupun mesin asahan, namun disarankan untuk mengasah pisau secara manual yaitu dengan batu asahan.

Jangan lupa untuk melihat jenis pisau yang kita gunakan, pisau yang kita gunakan itu ada dua jenis pisau, yang pertama pisau dengan 1 ( satu ) mata pisau, artinya pisau tersebut hanya memiliki satu mata pisau biasanya di bagian kanan, dan sisi lainnya lurus tidak berbentuk mata pisau. Lalu ada yang menggunakan 2 ( dua ) mata pisau di kanan dan kirinya, kedua jenis pisau ini berbeda cara pengasahannya dan pelurusan mata pisau dengan menggunakan sharpeness steel.

 

Untuk sudut kemiringan yang disarankan adalah 20 – 25 derajat. Jangan sampai kemiringan terlalu landai, dikarenakan fungsi untuk memotong tidak akan maksimal.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Delicatessen knowledge dengan judul Menjaga Ketajaman Pisau. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbutchers.blogspot.com/2013/05/menjaga-ketajaman-pisau.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blogger - 08/05/13

Belum ada komentar untuk "Menjaga Ketajaman Pisau"

Posting Komentar

Leave your message